Panduan Membuat Blog Di WordPress.com
1. Buka www.wordpress.com
2. Klik Sign Up
3. Isi form
a.
Username: -> isi nama blog sesuai dengan keinginan (paling sedikit
empat huruf/angka)
b.
Password: Isi password/kata sandi (sedikitnya enam huruf/angka)
c.
Confirm: Ulangi password yang sama dengan di atas.
d.
Email Address: Isi email Anda (apabila belum punya email, buat dulu di
gmail.com atau yahoomail.com)
e.
Legal flotsam: beri tanda tik di kotak yang tersedia sebagai tanda
“setuju” dengan perjanjian.
f.
Beri tanda tik pada menu “Gimme a blog” (biasanya sudah otomatis ada
tanda tik di sini).
g.
Klik “Next”
h.
Blog Title -> Isi judul yang sesuai.
i.
Language -> Pilih Bahasa Indonesia.
j.
Privacy -> Kasih tanda tik (biasanya sudah ada otomatis).
4. Klik Sign Up
5. Akan muncul pesan sebagai berikut:
Your account is now active!
You are now logged in as (username Anda).
An email with your username, password, Akismet API key and important links has
been sent to your email address.
Write a post, change your template or visit the homepage.
Itu berarti Anda sudah berhasil membuat blog.
Silahkan login ke blog Anda. Berikut alamat penting untuk Anda:
a. Untuk login, buka: http://namabloganda.wordpress.com/login.php
b. Isi username (=nama blog) dan password.
c. Klik “Write” atau “Tulis” untuk mulai membuat posting.
d. Klik “Publish” atau “Tampilkan”
6. Selesai (kalau mau udahan,
jangan lupa klik “Log Out”).
Catatan:
·
Di wordpress.com, satu account
hanya untuk satu blog. Ini berbeda dengan blogger.com/blogspot di mana satu
account bisa untuk membuat beberapa blog.
·
Kelebihan wordpress.com dibanding
blogger.com adalah (1) comment friendly: pengunjung mudah berkomentar karena kotak komentar langsung terbuka di
bawah posting. Bagi Anda yang suka dikomentarin, wordpress cocok untuk Anda;
(2) Posting terbaru akan muncul beberapa saat di Dashboard (Menu Utama) seluruh
pemakai wordpress.com, apabila posting Anda cukup menarik Anda juga
berkesempatan masuk BOTD (best of the day) yakni 10 posting terbaik hari itu
dan akan muncul selama sehari di Menu Utama (Dashboard) seluruh pemakai
wordpress.com. Untuk BOTD ini diklasifikasi berdasar bahasa. Pastikan Anda
memilih Bahasa Indonesia pada saat mendaftar (lihat poin 3.i.)
·
Kekurangan wordpress.com
dibanding blogger.com/blogspot adalah javascript tidak berfungsi (disabled)
artinya Anda tidak bisa memasang iklan apapun–AdSense, Adbrite, dll–di
wordpress.com. Tidak masalah buat blogger yang memang betul-betul
ingin ngeblog saja, tanpa ada niat untuk iseng-iseng pasang iklan. Bagi yang
ingin pasang iklan, dapat juga di blog gratis yang pakai software wordpress
juga seperti blogsome.com atau blogs.ie. Sayangnya, kedua penyedia blog gratis
ini masih memakai software wordpress lama (tak ada fasilitas widget, dan
lain-lain).
Tutorial
Blog Wordpress
Setelah kita pelajari dan
praktekkan cara buat blog di wordpress.com, maka berikut tutorial lengkap
wordpress untuk memahami menu-menu yang ada di Dasbor atau Dashboar wordpress.
Tutorial wordpress kali ini saya harap cukup mewakili setiap pertanyaan blogger
pemula yang ngeblog di wordpress. Seri tutorial wordpress yang lain silahkan
lihat di bagian bawah artikel ini.
Setelah login, kita akan langsung
masuk ke Dashboard atau Dasbor. Di situ terdapat dua baris menu utama. Yang
bagian atas atau sebut saja “menu atas”
ada menu Dasbor (Dashboard),
(a) Tulis (Write), (b) Kelola (Manage), (c)
Desain (Design), (d)Upgrade.
Di bawahnya (saya sebut “menu bawah”) ada menu
(a) Statistik blog (Blog
Statistic), (b) Peselancar Blog (Blog Surfer), (c) Komentar Saya (My Comment),
(d) Penyelancar Tag (Tag Surfer).
Fungsi
Menu-menu bagian Atas
A. Tulis (Write): untuk (i)
menulis posting tulisan kita; (ii) membuat Page / halaman statis / menu.
B. Kelola (Manage), kalau diklik
akan muncul 6 (enam) submenu lagi sbb:
b.1. Tulisan (posts) berfungsi
menampilkan artikel-artikel yang sudah kita posting. Kita juga dapat mengedit
(menyunting) tulisan-tulisan tersebut dengan mengklik “sunting” atau “edit” di
artikel yang akan diedit.
b.2. Halaman (pages), berfungsi menampilkan halaman statis / Pages yang sudah
kita buat. Di sini kita bisa mengedit halaman yang ada atau membuat halaman
baru.
b.3. Taut (Link) untuk menambah atau mengedit link / blogroll
b.4. Kategori (Category), untuk mengedit, mendelete atau membuat kategori baru.
b.5. Tag, untuk menambah, mendelete atau mengedit tag
b.6. Kategori Taut (Kategori link).
b.7. Pustaka Media, tempat link file atau image yang sudah diupload
b.8. Impor, untuk mengimpor file content dari blog lain.
b.9. Ekspor, untuk mengekspor file di blog ke blog lain.
C. Komentar (Comment), kalau
diklik akan muncul 3 (tiga) submenu lagi sbb:
c.1. Komentar, menampilkan
seluruh komentar di blog Anda. Di sini kita bisa mengedit atau mendelete
komentar yang ada.
c.2. Menunggu Moderasi (Waiting Moderation), kalau diklik akan menampilkan
komentar yang masuk daftar moderasi yang bisa Anda edit dengan “setujui”
(approve), hapus (delete), spam (dianggap spam).
c.3. Akismet Spam, kalau diklik akan menampilkan komentar yang masuk daftar
spam (sampah).
D. Blogroll (tambah link)
Kalau diklik akan muncul 4 (empat) submenu sbb:
d.1. Kelola (manage) blogroll,
untuk mengedit, merubah atau menghapus taut (link) yang ada.
d.2. Tambahkan taut (Add link), untuk menambah link baru.
d.3. Impor taut (Import link), untuk mengimpor daftar link dg OPML atau file di
komputer kita.
d.4. Kategori (category), kategorisasi link. Bedakan dengan kategori posting
(lihat, b.4.)
E. Tampilan (Presentation), kalau
diklik akan muncul 5 (lima) submenu sbb:
e.1. Tema (Theme), menampilkan
daftar template yang bisa kita pilih untuk blog kita. Tinggal klik template
yang kita suka.
e.2. Widgets, untuk mengaktifkan widget dan memilih widget yang ingin kita
tampilkan di sidebar.
e.3. Extras, untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan pratilik Snap. By default
(aslinya) sudah aktif, klik tanda tik (uncheck) supaya tidak aktif. Saya lebih
menganjurkan fasilitas Snap ini dinonaktifkan saja karena cukup mengganggu.
e.4. Current Theme Options, berfungsi untuk (a) merubah header blog. Bisa
diganti dengan header buatan sendiri; (b) Setting warna dan posisi sidebar
blog; (c) Mengisi informasi personal untuk ditampilkan sebagai data waktu
memberi komentar; dan (d) untuk reset (menghapus dan mengembalikan ke
setting-an awal.
e.5. Edit CSS, untuk merubah CSS template blog. Ini bagi blogger lanjut, tak
cocok bagi pemula.
F. Pengguna (Users)
Untuk menambah user / pengguna
yang memiliki akses ke blog Anda sebagai kontributor, co-author, atau
subscriber. Anda bisa memiliki lebih dari satu user untuk akses ke blog Anda.
G. Opsi (Options). Kalau diklik
akan muncul 8 (delapan) submenu sbb:
g.1. Opsi Umum, berfungsi untuk
(a) Membuat atau mengedit judul blog, (b) Slogan (deskripsi) blog, (c) Memilih
/ mengedit bahasa yang digunakan di blog, (e) Dll.
g.2. Menulis atau Opsi Menulis,
yang terpenting dalam submenu ini adalah menu “Kategori tulisan standar”. Pilih
dari daftar kategori tentang kategori apa yang akan dipakai secara by-default
di posting (saya piliha kategori fatih-syuhud). Ini artinya kalau saya lupa
memakai kategori dalam sebuah posting, maka otomatis artikel tersebut akan
masuk kategori fatih-syuhud.
g.3. Membaca atau Opsi Membaca.
(a) Halaman Depan (Frontpage), pilih “Tulisan Terakhir” (sudah otomatis); (b)
Halaman Blog (Blog post), pilih berapa artikel yang tampil di halaman utama;
(c) Umpan Sindikasi (Syndicated Feed), “Tunjukkan yang terkini:” pilih 10;
“Untuk tiap artikel, tunjukkan:”, pilih Teks Penuh; (d) Feeds yang diperkaya
(Rich feeds), kasih tanda tik (check) di semua kotak. Jangan lupa klik
“Perbarui Opsi” atau “Update Options”
g.4. Diskusi atau Opsi Diskusi
g.4.i. Di “Penataan biasa untuk
sebuah artikel:” yang terpenting di sini adalah kotak ketiga. Kasih tanda tik
di “Izinkan orang untuk mengirim komentar pada artikel” supaya kotak komentar
terbuka di bawah setiap artikel Anda.
g.4.ii. Di “E-mail saya setiap
kali:” (a) kasih tanda tik di kotak pertama bila Anda ingin dapat laporan ke
email Anda setiap ada yang berkomentar di blog Anda; dan (b) kasih tanda tik di
“Sebuah komentar ditahan untuk moderasi” apabila Anda ingin dapat email setiap
ada komentar yang dimoderasi. Yang (b) ini khusus bagi blogger yang
memoderasi kotak komentarnya.
g.4.iii. Di “Sebelum sebuah
komentar muncul:” (a) Kasih tanda tik apabila ingin memoderasi setiap komentar
(saran, sebaiknya tidak dimoderasi); (b) Kasih tanda tik di “Penulis komentar
harus mengisi nama dan e-mail” apabila Anda ingin setiap komentator menulis
alamat email dan situsnya; (c) Di “Penulis komentar harus mempunyai komentar
yang disetujui sebelumnya” sebaiknya tidak dikasih tanda tik.
g.5. Privasi (Privacy). Opsi
Privasi. Kasih tanda tik di “Saya ingin blog ini tampak di mesin pencari
seperti Google dan Sphere, dan di senarai publik milik WordPress.com.” supaya
masuk mesin pencari google, yahoo, msn, dll.
g.6. Hapus Blog atau Delete Blog.
Awas! Menu ini jangan dibuka-buka, kecuali kalau memang Anda dan blog Anda
sudah bosan hidup.
g.7 yaitu OpenID dan g.8
Domain-domain. Submenu ini tidak begitu penting, yang penasaran silakan lihat
sendiri.
Cara
membuat Pages atau Halaman (statis) di WordPress.
Deretan menu di blog
saya bagian atas seperti “About”, “Refleksi”, “Opini”, “Tip
Menulis” itu adalah salah satu ciri khas dari blog dalam wordpress
yang tidak ada di blogger.com/blogspot. Dalam istilah WordPress itu disebut
Pages atau Halaman. Pages atau Halaman ini adalah halaman statis yang tidak
masuk dalam arsip posting. Apa gunanya? Lihat keterangannya di bawah. Berikut cara membuat Pages atau
Halaman (statis) di WordPress.
1. Setelah login, klik “Tulis” atau “Write”
2. Klik “Halaman” atau “Page”
3. Di “Judul Halaman” -> tulis nama halaman. Contoh, “Refleksi” atau
“Bukutamu”
5. Klik menu “Terbitkan” atau “Publish”
6. Selesai. Anda sudah berhasil membuat Pages/Halaman statis di blog Anda.
Apa isi atau fungsi Pages/Halaman?
Macam-macam, terserah Anda.
Isinya bisa berupa keterangan diri seperti di About blog saya atau daftar
link-link posting blog Anda atau bisa juga berupa link-link situs penting
atau blogrolls, dll.
Cara Mengedit Pages/Halaman
1. Klik “Kelola” / “Manages”
-> klik Halaman / Pages
2. Klik Pages/Halaman yang baru Anda buat tadi. Contoh, Refleksi.
3. Isi kotak posting sesuai yang Anda inginkan.
Cara
buat “read more” di wordpress.
Saya pikir semua pengguna
wordpress sudah tahu cara buat “read more” di wordpress. Ternyata masih ada
yang tanya di komentar posting di sini. Berbeda dengan blogger.com / blogspot,
membuat “read more” atau “baca selanjutnya” atau “read the rest of this entry”
di wordpress itu sangat mudah. Ikuti langkah berikut:
1. Setelah login ke account wordpress Anda, Klik menu “tulis” atau “write”
2. Di bawah kotak judul / title sebelah kanan, ada menu VISUAL dan HTML –>
klik menu HTML
3. Di bawahnya ada deretan menu b i link. Klik menu “more”, maka di kotak
posting Anda akan keluar tulisan <!–more–>
4. Tulisan atau posting Anda yang ingin Anda tampilkan di halaman maka harus
berada di atas <!–more–> , sedang posting / artikel yang ingin anda
“sembunyikan” yang baru tampak setelah pembaca mengklik “read more” taruh di
bawahnya <!–more–>
Mudah bukan?
Cara
Upload dan Link Download
Bagaimana cara mengetahui link
files (berkas) atau images (foto, gambar, grafik) yang sudah kita upload
(unggah) ke blog wordpress kita?
Lebih dari satu pertanyaan di
atas diungkapkan pembaca di kotak komentar blog ini. Mengetahui link dari file
/ images yang kita unggah (upload) di wordpress memang agak sulit kalau files
yang kita upload tadi tidak di-attach-kan ke posting atau pages. Karena itu,
setiap upload files atau images hendaknya dimasukkan ke posting artikel atau
Pages. Ikuti tutorial praktis berikut:
Upload Files / Berkas
1. Klik “Tulis” atau “Write”
2. Di menu “Unggah” atau “Upload” di bawahnya kotak posting, klik “Browse”
-> pilih files yang akan diupload. Anda bisa memberi judul dan deskripsi di
kotak yang tersedia di bawahnya (opsional alias tidak wajib).
3. Klik “Unggah” atau “Upload”
4. Setelah file masuk -> arahkan mouse ke kotak posting di bagian yang
diinginkan -> klik “Kirim ke Editor” atau “Send to Editor”
5. Apabila mode posting dalam keadaan “Kode” atau “Code” maka akan tampak link
files. Apabila mode posting “Visual” klik mode “Kode” atau “Code” untuk
mengetahui linknya.
Sebagai contoh, saya akan
mengupload file berjudul “Amerika dan Islam Liberal”, setelah melalui proses di
atas, maka saya taruh file di sini -> Amerika dan Islam Liberal, maka
dalam mode posting “Kode” tampak link file sbb: Amerika
dan Islam Liberal –> inilah link untuk download.
Cara Upload Images (Gambar, foto, grafik)
Caranya sama dengan di atas
yaitu:
1. Klik “Tulis” atau “Write”
2. Di menu “Unggah” atau “Upload” di bawahnya kotak posting, klik “Browse”
-> pilih files yang akan diupload. Anda bisa memberi judul dan deskripsi di
kotak yang tersedia di bawahnya (opsional alias tidak wajib).
3. Klik “Unggah” atau “Upload”
4. Setelah file masuk -> arahkan mouse ke kotak posting di bagian yang
diinginkan -> klik “Kirim ke Editor” atau “Send to Editor”
5. Apabila mode posting dalam keadaan “Kode” atau “Code” maka akan tampak link
images. Apabila mode posting “Visual” klik mode “Kode” atau “Code” untuk
mengetahui linknya.
Cara
Pasang Foto di Posting WordPress
Barusan saya jalan-jalan ke
“rumah” Musik Pribumi-nya
Gimbal, Saya
lihat dia sering menempelkan foto di setiap postingnya. Sayangnya, tampaknya
posisi foto menurut saya kurang fashionable:
foto atau image-nya tidak menempel berdampingan dengan artikel, tapi berada di
antara judul dan tulisan. Kurang jelas apa itu disengaja atau dia tidak tahu
caranya mendampingkan foto (embedded) dengan tulisan artikel seperti di blog
saya ini. Berikut cara mudah dan praktis memposisikan foto secara
berdampingan dengan artikel:
1. Setelah Anda mengklik ‘Send Editor’ foto ke posting di wordpress, klik menu
“Kode” atau “Code” yang terdapat di bawah judul.
2. Di akhir link image (sebelum tanda …/>
)tambahkan kode berikut
border="0"
style="float: left; margin: 0px 10px 10px 0px"
3. Klik menu “Visual” setelah tampilan ok, klik “Tampilkan” atau “Publish”
4. Selesai.
Catatan:
Kata “left” berarti posisi foto/gambar di sebelah kiri, ubah menjadi “right”
kalau ingin menaruhnya di sebelah kanan.
Tips bagi yg belum tahu sama
sekali cara pasang foto di posting wordpress:
1. Di bagian paling bawah kotak
posting, klik menu “Browse” –> pilih foto/gambar/image di komputer.
2. Kasih judul dan deskripsi di menua “Judul” dan “Deskripsi” –> ini tidak
wajib, cuma menambah visibilitas di search angine.
3. Klik Upload
4. Setelah nongol fotonya, arahkan mouse ke kotak posting bagian mana foto akan
ditempatkan. Contoh, klik di bagian kiri atas.
5. Kembali ke foto, klik menu “Kirim ke editor” atau “Send to editor”
6. Klik menu “Kode” atau “Code” dan tambahkan kode berikut di akhir link
sebelum kode … />
:
border="0"
style="float: left; margin: 0px 10px 10px 0px"
7. Klik menu “Visual” untuk melihat hasilnya. Kalau puas, klik “Tampilkan” atau
“Publish”
8. Selesai.